Wednesday, February 15, 2017

TAHAPAN PROYEK MARKETING

Pada proses pengadaan proyek secara umum, ada 5 tahapan yang harus dilakukan oleh tim Marketing.

Berikut urutan-urutan / tahapannya adalah sebagai berikut :


  1.           Perencanaan Pemasaran
    Kegiatan perencanaan pemasaran dilakukan setiap tahun, tahapannya meliputi :
    ·         Membuat daftar nama proyek yang direncanakan akan diperoleh
    ·         Mengelompokkan daftar proyek tersebut berdasarkan sector pemilik proyek, misal: proyek pemerintah, BUMN, swasta
    ·         Menetapkan program kerja, target waktu dan penanggung jawab proyek
    ·         Menetapkan sistem monitoring
    ·         Merencanakan biaya pemasaran (biaya promosi, sponsor, biaya tender dll.
    Ada beberapa kategori yang menjadi konsep dasar pemasaran dibidang usaha kontraktor
    ·         Kepuasan pelanggan
    ·         Membuat Jaringan Pemasaran (Networking)
    ·         Kekuatan (Strength) perusahaan sebagai aset pemasaran

    2.     Promosi
          Bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat yang memerlukan jasa kontraktor, kegiatan promosi dapat dilakukan dengan cara:
    a.       Menerbitkan Company profile (ditampilkan bentuk cetakan buku atau brosur, maupun elektronik berupa rekaman video, memiliki website perusahaan)
    b.      Menerbitkan annual report yang menyajikan Laporan Neraca dan Laba Rugi tahun sebelumnya, untuk menggambarkan kemampuan keuangan perusahaan, kinerja yang dicapai, pertumbuhan perusahaan selama 5 tahun terakhir, serta rencana kedepan.
    c.       Melakukan presentasi ksepada calon pembeli
    d.      Mengikuti pameran-pameran tentang konstruksi
    e.      Menjadi sponsor untuk acara-acara tertentu

    3.     Project Skim (Penjaringan Informasi proyek)
    Hal-hal yang diperlukan untuk menjaring informasi pasar antara lain
    a.       Kepekaan menangkap informasi yang tersebar secara terbuka (misal surat kabar, majalah, pengumuman-pengumuman yang ditempel di tempat panitia pelelangan)
    b.      Merupakan tanggung jawab seluruh pemimpin dan karyawan untuk menjaring informasi.
    c.       Informasi sebaiknya terpusat pada unit pemasaran
    d.      Informasi pasar juga dapat diperoleh melalui proyek-proyek yang sedang dilaksanakan kontraktor  yang bersangkutan, konsultan, atau pemilik proyek.

    4.       Feasibility Study
    Tahapan ini, melakukan studi kelayakan / penilaian kelayakan suatu proyek, untuk menentukan semua informasi yang diterima layak untuk ditindak lanjuti, seperti
    ·         Technical Evaluation
    Teknologinya apakah tersedia di Indonesia
    Material dan tenaga ahlinya apakah tersedia di Indonesia
    ·         Commercial Evaluation
    Sistem pembayaran
    Sumber dana / Investor
    Pagu dana
    ·         Government Approval
          Proyek Pemerintah, Proyek Swasta, atau perseorangan

    5.       Proses Tender
    a.       Pre qualification
    b.      Technical Proposal (dokumen Teknis)
    terdiri dari Metoda kerja, time schedule, daftar alat, struktur organisasi proyek, struktur organisasi perusahaan, Sertifikat usaha, Surat ijin usaha.
    c.       Commercial Proposal (dokumen penawaran)
    Biasanya terdiri dari Analisa satuan, Harga Satuan, Bill Of Quantity, Rekapan Harga, Surat tunduk pada aturan yang berlaku
    d.      Bid Quotation ( Surat Penawaran harga)
    Terdiri dari nilai penawaran, Syarat dan ketentuan.
    e.      Comparison of price (perbandingan harga penawaran yang masuk)
    Membandingkan harga penawaran competitor untuk pekerjaan yang sama
    f.        Negotiation
    g.       Contract

No comments:

Post a Comment